Training Organisasi FLP Yogyakarta: Belajar Kepemimpinan dari Konsep Barat dan Islam

Forum Lingkar Pena (FLP) Wilayah Yogyakarta kembali mengadakan Training Organisasi pada Ahad (12/9) secara daring melalui aplikasi Zoom. Training yang bertema “Leadership” ini merupakan agenda final yang bertujuan membekali pengurus FLP Yogyakarta dalam menjalankan kepengurusan periode 2021-2023. Training ini diisi oleh Solli Dwi Murtyas, selaku Anggota Divisi Kaderisasi BPP FLP.

Solli menyampaikan bahwa makna kepemimpinan sejati itu adalah yang siap memimpin dan siap dipimpin.

“Pemimpin itu bukan bicara tentang posisi, jabatan, dan seterusnya, tapi bicara tentang bagaimana seni mempengaruhi orang lain. Bagaimana hidupnya bisa memberikan pengaruh pada orang lain,” ujar Ketua FLP Yogyakarta tahun 2013-2015 ini.

Solli menerangkan bahwa pemimpin itu adalah orang yang dipercaya dapat mengantarkan orang lain untuk sampai pada penyelesaian masalahnya. “Pemimpin itu adalah dia yang mengetahui jalan, melalui jalan, dan dia jadi petunjuk jalan itu,” terang Solli, mengutip perkataan seorang penulis berkebangsaan Amerika, John C. Maxwell tentang konsep kepemimpinan.

Mengingat banyaknya konsep kepemimpinan yang diambil dari barat, Solli menyarankan agar belajar konsep kepemimpinan dari Rasulullah yang tidak sebatas hubungan horizontal sesama manusia. Namun, juga sebagai salah satu bentuk ritual ibadah, sebagai wujud ketaatan kita kepada Allah.

“Kita harus banyak belajar bagaimana Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam mengejawantahkan nilai-nilai kepemimpinan itu. Wama arsalna illa rahmatal lil ‘alamin. Karena Allah Subhanahu wataala berfirman, dan tidak kami utus engkau Muhammad melainkan untuk menjadi rahmat bagi alam semesta.”

Pada akhir acara, Solli mendoakan teman-teman pengurus agar bisa istiqomah menjalankan amanah kepengurusan ini. “Semangat buat temen-temen. Mudah-mudahan Allah kuatkan. Allah jaga istiqomah kalian.” *(RRH)

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: