Upgrading Anggota Andal FLP, Kang Abik: Jadilah Penulis yang Dikenal Rasulullah

Yogyakarta – Ketua Dewan Pertimbangan Forum Lingkar Pena (FLP), Habiburrahman El Shirazy, mengajak para anggota FLP untuk menjadi penulis-penulis yang kelak akan dikenal Rasulullah saw. Hal tersebut disampaikannya sebagai arahan dalam pembukaan kegiatan upgrading anggota Andal FLP, Sabtu (7/10).

Kang Abik, demikian sapaan akrabnya, menyoroti waktu istimewa penyelenggaraan upgrading anggota Andal yang berdekatan dengan momentum Maulid Nabi.

“Mari kita semua berikhtiar menjadi penulis-penulisnya Rasulullah saw, yang kelak dikenali Rasulullah karena tulisan-tulisan kita yang membela Rasulullah saw. dan mengajak kita memahami dan semakit dekat dengan Allah swt.,” ujarnya.

Menurut penulis novel ternama Ayat-Ayat Cinta ini, upgrading merupakan salah satu upaya untuk meneladani Rasulullah saw. dengan menggelorakan semangat menuntut ilmu.

“Selevel Baginda Rasul saja, yang merupakan imamnya para nabi dan rasul, diminta Allah untuk berdoa, ‘Rabbi zidni ‘ilma, tambahkan kepadaku, Ya Allah,’” kisahnya.

Terakhir, sastrawan yang kini sedang tinggal di Jerman untuk menempuh pendidikan ini mengajak para penulis Andal FLP untuk mempelajari fikih peradaban. Dalam fikih ini, ada kaidah bahwa semakin umat ini berilmu, semakin umat ini maju.

“Mari kita terus meng-upgrade ilmu kita, dan saya berharap dari teman-teman di sini lahirlah penulis-penulis yang kualitasnya semakin bertambah,” tutupnya.

Acara upgrading anggota Andal FLP diselenggarakan di SM Tower and Convention, Yogyakarta, pada Sabtu-Ahad, 7-8 Oktober 2023. Meskipun demikian, Kang Abik, demikian sapaan akrabnya, menyampaikan sambutannya melalui rekaman video karena pada saat acara berlangsung, dirinya sedang berada dalam perjalanan menuju Praha, Republik Ceko. (ffp)

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: