Rekrut Anggota Baru, FLP Yogyakarta Cari Aktivis Literasi Berkomitmen

Pendaftaran calon anggota baru Forum Lingkar Pena (FLP) Wilayah Yogyakarta masih berlangsung. Dimulai sejak awal Januari lalu, pendaftaran secara daring ini merupakan tahap pertama proses rekrutmen anggota FLP Yogyakarta.

Kepala Divisi Kaderisasi FLP Yogyakarta Anisa Nur Izza Fitria menuturkan, calon anggota yang terdaftar nantinya mampu berkomitmen pada tiga pilar FLP, yaitu kepenulisan, keislaman, dan keorganisasian.

“Berkomitmen dalam dunia kepenulisan atau dalam artian literasi; keislaman dalam arti segala aktivitas kepenulisan dimaksudkan dalam rangka dakwah yang mempunyai nilai-nilai Islam; dan juga komitmen terhadap organisasi FLP itu sendiri, artinya mereka yang mendaftar harapannya mau dan mampu mengembangkan organisasi FLP agar tetap bermanfaat bagi umat,” paparnya panjang lebar.

Dikatakan Izza, FLP Yogyakarta terbuka untuk semua kalangan pencinta literasi dari berbagai kelompok umur.

“Baik pekerja, ibu rumah tangga, bahkan yang masih sekolah maupun yang sudah punya cucu, semua boleh mendaftar. Yang penting mereka berdomisili di Yogyakarta,” jelasnya.

Dengan situasi pandemi yang masih berlangsung, menurut Izza, memang menjadi tantangan terbesar proses rekrutmen. Justru, hal ini hendak diubahnya menjadi keuntungan.

“Kita enggak bisa ketemu satu sama lain karena semua proses rekrutmen berlangsung online. Namun mudah-mudahan enggak mengurangi antusiasme peserta. Yang domisili Jogja tapi masih di luar daerah Jogja masih berkesempatan untuk bergabung dengan FLP Jogja, asal mereka mau dan mampu berpedoman pada 3 pilar FLP yang tadi disebutkan,” ucapnya.

Salah satu keistimewaan rekrutmen kali ini dibandingkan dengan rekrutmen sebelumnya adalah materi pelatihan dan keluaran yang lebih terukur.

“Misalnya, peserta diminta untuk membuat rencana menulis jangka pendek dan jangka panjang,” tutup Izza.

Pendaftaran calon anggota akan ditutup pada 23 Januari 2022. Selanjutnya, para pendaftar akan mengikuti seleksi berkas dan wawancara, serta mendapatkan beberapa pelatihan. Terakhir, akan ada pengumuman final pendaftar yang lolos sebagai anggota Angkatan 20 FLP Yogyakarta.

Dengan biaya pendaftaran sebesar seratus ribu rupiah, peserta rekrutmen akan mendapatkan tujuh kelas penulisan, sertifikat pengukuhan, sertifikat pelatihan, serta kopian materi dan rekaman pertemuan daring.  *(FFP)

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: