Upgrade Keilmuan Administrasi Melalui Training FLP Yogyakarta

YOGYA- Sabtu (11/9) Forum Lingkar Pena (FLP) Wilayah Yogyakarta mengadakan Training Administrasi. Pelatihan yang dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman pengurus tentang sistem administrasi dan birokrasi FLP. Pelatihan ini bersifat wajib dan khusus bagi pengurus FLP Yogyakarta. Pelatihan ini diikuti oleh 24 peserta yang merupakan pengurus periode 2021-2023.

Penjabaran prosedur operasi standar (atau lebih dikenal dengan sebutan SOP) administrasi dan birokrasi ini disampaikan oleh Sri Widiyastuti selaku sekretaris Badan Pengurus Pusat (BPP) FLP. SOP Administrasi FLP meliputi manajemen administrasi dan kesekretariatan, SOP sinergi literasi, SOP logo, dan tata aturan kesekretariatan FLP. SOP administrasi tersebut perlu diperhatikan oleh setiap pengurus agar semua aktivitas organisasi dapat dilaksanakan dengan baik. Selain itu, adanya keterbatasan otak manusia menjadikan SOP sebagai panduan menentukan langkah-langkah dalam berbagai kegiatan.

“Otak manusia terbatas, jadi dengan mengikuti SOP ini, kita bisa melihat catatan berbagai aktivitas yang dilakukan oleh FLP,” terangnya.

Sri mengutip Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 282 sebagai landasan syariat pentingnya pencatatan administratif bagi sebuah organisasi.

“… Dan janganlah kamu bosan menuliskannya untuk batas waktunya, baik hal yang kecil maupun yang besar; yang demikian itu lebih adil di sisi Allah, lebih dapat menguatkan kesaksian, dan lebih mendekatkan kamu kepada ketidakraguan,” demikian bunyi ayat tersebut.

Sebelum mengakhiri pelatihan, Sri mengingatkan kepada pengurus FLP Yogyakarta untuk amanah dalam menjalankan peran-peran di kepengurusan. “Sekecil apapun peran kita, lakukan dengan amanah. Insyaallah akan mendatangkan keberkahan. Bisa membangun skill yang dibutuhkan di abad 21 ini: komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, dan kreativitas. Juga sebagai wadah aktualisasi diri.”

Selain Traning Administrasi, ada pula Training Organisasi, yang edisi pertamanya telah berlangsung pada Ahad (29/8) lalu. Edisi kedua Traning Organisasi yang bertemakan leadership dijadwalkan pada Ahad (12/9). Kedua pelatihan tersebut merupakan salah satu bagian dari program bersama FLP Yogyakarta yang ditujukan bagi para pengurusnya. *(FFP)

Silakan klik tautan berikut untuk mendapatkan notulensi!

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: